Sejarah Penerbangan Dunia ( History of World's Aviation )

Salam dunia penerbangan!
Sebagai pengenalan blog ini, saya akan memuat informasi mengenai sejarah penerbangan dunia atau judul kerennya history of world's aviation. Mengapa harus sejarah? Karena dengan mengenal sejarahnya kita akan bisa mengenal lebih jauh tentangnya, seperti pepatah "Tak kenal, maka tak terbang"(?).

Sejarah Penerbangan Dunia
Penerbangan Pertama

Tahukah kamu, pada 17 Desember 1903, Orville dan Willbur Wright atau lebih dikenal "Wright Bersaudara" membuat sebuah mesin terbang sebesar 120 kaki dan berhasil terbang selama 12 detik! Wow. Penerbangan itu dilakukan di Kitty Hawk, North Carolina dikenal dengan penerbangan pertama menggunakan mesin yang lebih berat dari mesin udara. Sebelum penerbangan ini, orang - orang hanya terbang mengunakan ballons dan glider.

pesawat wright bersaudara
Charles Furnas adalah orang pertama yang menaiki pesawat terbang, dengan mesin terbang buatan Wright Bersaudara. Setelah itu, sejarah mencatat penerbangan terskedul pertama terjadi pada tanggal 1 Januari 1914, seorang bernama Gleen Curtiss yang mendesain pesawat yang bisa landing dan take-off di air. Karena ide dari Gleen Curtiss, Thomas Benoist seorang pembuat spareparts,  memutuskan untuk membangun sebuah pesawat seperti flying boat, atau sea plane, untuk melayani penerbangan sekitar Tampa Bay yag diberi nama St. Petersburg - Tampa Air Boat Line. Penumpang pertamanya adalah mantan mayor dari St. Petersburg A. C Pheil, yang terbang selama 23 menit dan menempuh 18 mil. Saat keadaan itu pesawat hanya mampu mengankat 1 penumpang dan diberi biaya $5, guys.

Perang Dunia 1 ( World War I )

Pada saat itu, pengembangan dan penggunaan pesawat masih sangatlah lambat, kebanyakan orang masih sangat takut menggunakan pesawat. Tapi, dengan adanya Perang Dunia 1 dunia militer melihat adanya potensi besar dengan penggunaan pesawat. Kebanyakan pengembangan yang dilakukan adalah pada bagian mesin pesawat itu sendiri.

Pada saat yang sama Perang Dunia 1 adalah iklan yang buruk bagi dunia penerbangan, kebanyakan orang berpikir pesawat hanya untuk kegiatan militer dan pemboman. Dan kebanyakan perusahaan pembuat pesawat menjadi bankrut.

Inovasi Pesawat

Tahun 1930 menjadi sebuah tahun yang inovasi bagi dunia penerbangan. Perusahaan Airline menyadari bahwa untuk menarik penumpang maka mereka membutuhkan pesawat yang lebih cepat dan lebih besar, dan tentunya lebih aman.

Para pembuat pesawat atau kerennya Aircrat Manufacturer, mencoba menjawab kebutuhan itu. Banyak terjadi penambahan dan inovasi pada periode itu, seperti penggantian engine water-cooled menjadi engine air-cooled, membuat pesawat menjadi lebih ringan, lebih besar dan lebih cepat. Peningkatan pada bagian instrumen pesawat tersebut, seperti altimeter, compasses, rate-of-climb indicator, dsb.

Pesawat Modern Pertama

Perusahaan Boeing membuat pesawat modern pertama kali yang diberi nama, Boeing 247. Nah, pesawat ini adalah pelopor dari pesawat - pesawat modern yang seperti jaman sekarang.

Mungkin bisa dibilang ini adalah garis besar dari sejarah dunia penerbangan.

Akhir kata, terima kasih telah membaca post dari saya, semoga bermanfaat bagi kalian semua.


Please follow and leave a comment below for future improvement!

Salam Dunia Penerbangan!

Follow juga @a6pratama on Instagram! and @allabourairplane on ig!



Comments