Engine Operation Turbofan

Salam Dunia Penerbangan!
Pada post kali ini saya akan membagikan penjelasan mengenai engine operation mesin turbofan, sebelum membaca post ini ada baiknya jika teman - teman penerbangan juga membaca post saya sebelumnya yaitu Jenis - jenis engine pesawat terbang part. 1 . Di sana dijelaskan apa itu turbofan maupun jenis engine lainnya.
Nah, karena post saya sebelumnya sudah membahas sedikit pengenalan tentang engine turbofan maka kali ini saya akan membahas tentang pengoperasian dari mesin turbofan itu sendiri guys. Mesin turbofan sendiri sering digunakan oleh pesawat komersil seperti boeing, airbus, dkk. loh!
Let's check it out!


Turbofan

Pada engine turbofan terdapat 5 komponen utama yang membuat engine turbofan bekerja, yaitu : fan/air intake, compressor, combustion chamber, turbine dan exhaust. Berikut ini adalah fungsi dari masing - masing komponen tersebut :
  1. Fan/Air Intake : Air intake dalam mesin turbofan berfungsi sebagai pintu masuk udara menuju engine
  2. Compressor : Compressor berfungsi untuk mengarahkan udara ke dalam combustion chamber dan mengubah udara yang normal menjadi udara yang bertekanan
  3. Combustion Chamber : Combustion Chamber berfungsi sebagai tempat pembakaran fuel dan udara 
  4. Turbine : Turbine berfungsi untuk mengubah energi hasil pembakaran menjadi energi mekanikal
  5. Exhaust : Exhaust berfungsi sebagai tempat pembuangan gas hasil sisa pembakaran
Prinsip kerja dari mesin turbofan adalah mengarahkan udara yang sudah di compressed menuju ruang pembakaran menggunakan compressor, secara simpelnya seperti ini :
  1. Mula - mula, udara masuk melalui fan/air intake dan diarahkan lansung ke compressor
  2. Di compressor, udara yang berkecepatan ( normal ) diubah menjadi udara yang bertekanan ( compressed ). Di compressor, udara melewati dua jenis compressor yaitu LPC ( low pressure compressor ) dan HPC ( high pressure compressor ). Compressor meneruskan udara menuju combustion chamber.
  3.  Di Combustion Chamber, udara yang telah di compressed dibakar dengan fuel. Menghasilkan energi panas yang berupa gas.
  4. Gas hasil pembakaran di combustion chamber diteruskan menuju turbine. Di turbine, energi panas tersebut diubah menjadi energi mekanikal, yang bertugas menggerakan compressor
  5. Sedangkan gas hasil sisa pembakaran akan dibuang melalui exhaust nozzle dalam bentuk thrust.
Diatas berikut adalah engine operation dari mesin turbofan, 5 langkah ini akan terus menerus diulang saat pesawat terbang, dan berhenti saat mesin dimatikan.

Mungkin sekian post saya kali, semoga post ini bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengenal dunia penerbangan. Saya mengucapkan banyak terima kasih bagi yang telah membaca postingan saya!
Please leave a comment bellow and click share if you like! dont forget to follow first! ☺


And follow me on instagram @a6pratama ! @allabourairplane on ig!

Salam Dunia Penerbangan!

Comments